Rabu, 17 Desember 2008

Sejarah 1987-1992

Sejarah 1987

Seorang wisatawan asal Belanda meninggal di RS Sanglah, Bali. Kematian pria berusia 44 tahun itu diakui Depkes disebabkan AIDS. Indonesia masuk dalam daftar WHO sebagai negara ke-13 di Asia yang melaporkan kasus AIDS. Hingga akhir tahun, enam orang didiagnosis HIV-positif di Indonesia, dua di antaranya AIDS.

Di AS, perundang-undangan disahkan yang melarang masuk ke AS para pendatang, orang asing dan pengunjung jangka pendek yang terinfeksi HIV.

Juga di AS, rumah suatu keluarga terbakar habis oleh pembakar rumah (penunu) yang ingin agar anaknya dengan AIDS dikeluarkan dari sistem sekolah setempat. Presiden Ronald Reagan mengkajikan sambutan pertamanya tentang AIDS, ketika 36.000 orang AS yang didiagnosis AIDS, dan 20.000 di antaranya telah meninggal.

Di seluruh penjuru dunia, menjelang November 1987, 62.811 kasus AIDS dilaporkan secara resmi kepada WHO dari 127 negara.

Ini hanyalah kasus yang telah dilaporkan, dan jumlah kasus yang telah dilaporkan meremehkan kejadian AIDS yang sebenarnya. WHO memperkirakan bahwa menjelang akhir 1987 antara 100.000 dan 150.000 kasus AIDS sebenarnya telah terjadi di seluruh dunia.

Masih ada sedikit informasi tentang jumlah anak yang terinfeksi HIV. Ketika tes antibodi pertama disediakan secara komersial pada 1985, diperkirakan bahwa bila hasilnya positif ini menunjukkan infeksi HIV, bahkan pada saat anak lahir. Ini mengarah kepada perkiraan yang sangat keliru tentang jumlah anak yang terinfeksi HIV.

Namun, pada 1987 menjadi jelas bahwa tes sebenarnya menunjukkan antibodi yang diserahkan dari si ibu, bukan antibodi si anak sendiri. Banyak anak menjadi bebas antibodi ibunya ketika mereka berusia 18 bulan, dan menjadi jelas bahwa anak-anak yang sebelumnya dikira terinfeksi HIV, sebenarnya tidak terinfeksi virus itu.

Di San Francisco, aktivis hak-hak gay Cleve Jones membuat panel pertama untuk AIDS Memorial Quilt untuk mengenang temannya Marvin Feldman.

Sejarah 1988

FDA melaksanakan peraturan baru yang memperpendek waktu pengembangan obat AIDS baru.

Di Inggris, dana diberikan untuk memperluas rencana pertukaran jarum suntik untuk mencegah infeksi HIV pada lebih banyak pengguna narkoba. Kota New York di AS memulai program pertukaran jarum suntik.

wordids.gifPertemuan tingkat tinggi dunia para menteri kesehatan dilakukan di London, Inggris, untuk membahas strategi umum AIDS. Pertemuan ini membidik pada program pencegahan AIDS, dan dihadiri oleh para utusan dari 148 negara. Satu hasil dari konferensi tersebut adalah Deklarasi London tentang Pencegahan AIDS, yang menekankan pendidikan, pertukaran informasi dan pengalaman secara bebas, dan perlunya melindungi hak asasi dan martabat manusia.

Hasil lainnya adalah Global Programme on AIDS (GPA) WHO meluncurkan Hari AIDS Sedunia, sebagai peristiwa pada 1 Desember setiap tahun.

Sejarah 1989

Sejumlah obat baru tersedia untuk mengobati infeksi oportunistik. Burroughs Wellcome menurunkan harga AZT 20%. Obat antiretroviral baru, dideoxyinosin (ddI) disetujui oleh FDA untuk dipakai oleh para pasien yang tidak tahan terhadap AZT.



Percobaan di AS mengenai AZT pada pengobatan dini dihentikan, karena dipertimbangkan jika obat itu dipakai secara dini ditunjukkan melambatkan laju penyakit secara berarti.Di Inggris, Panitia Kabinet tentang AIDS dibubarkan.

Sejarah 1990

Ryan White meninggal dunia pada April dalam usia 19 tahun. Ia merupakan seorang hemofiliak yang terinfeksi HIV melalui pemakaian produk darah yang terinfeksi. Ia menjadi terkenal beberapa tahun sebelumnya sebagai hasil dari perjuangannnya agar diperbolehkan menghadiri sekolah umum.

Hanya beberapa bulan setelah kematian Ryan White, Ryan White CARE Act disahkan oleh Konggres. Tujuan khusus dari undang-undang ini adalah menyediakan sistem perawatan untuk Odha yang tidak mempunyai asuransi kesehatan atau sumber lain yang cukup.

Program pertukaran jarum suntik di kota New York ditutup karena alasan politik.

Konferensi AIDS internasional keenam diadakan di San Francisco, AS, di tengah-tengah protes dunia tentang kebijakan imigrasi AS terhadap Odha.

Dilaporkan sejumlah besar anak di panti asuhan di Rumania terinfeksi HIV, sebagian besar sebagai akibat transfusi darah.

Menjelang 1990, lebih dari 307.000 kasus AIDS dilaporkan secara resmi kepada WHO, tetapi jumlah sebenarnya diperkirakan lebih mendekati satu juta.

Perkiraan jumlah orang dengan HIV di seluruh dunia adalah delapan sampai sepuluh juta. Dari delapan juta diperkirakan kira-kira lima juta adalah pria, dan tiga juta adalah wanita.

Sejarah 1991

Masyarakat sangat khawatir mengenai hubungan antara profesi kedokteran gigi dan infeksi HIV, sebagaimana Kimberly Bergalis mendekati kematian, tampaknya akibat terinfeksi HIV dari dokter giginya, David Acer. Ia bersaksi sebelum Kongres dan juga menyurati American Medical Association untuk meminta tes wajib untuk petugas perawatan kesehatan.

International AIDS Candlelight Memorial pertama diselenggarakan di Indonesia. Peristiwa ini, dikenal sebagai Malam Tirakatan Mengenang Korban-Korban AIDS, diselenggarakan di Surabaya oleh Kelompok Kerja Lesbian & Gay Nusantara (sekarang Gaya Nusantara), dengan bantuan dari Persatuan Waria Kotamadya Surabaya (Perwakos).

Earvin (Magic) Johnson mengumumkan bahwa ia HIV-positif dan sebagai akibatnya ia mengundurkan diri sebagai pemain bola basket profesional, atas saran dari dokternya. Ia memutuskan menjadi juru bicara untuk kepedulian AIDS dan sanggama yang aman. Dua minggu kemudian, Freddy Mercury, penyanyi utama kelompok musik rock Queen menyatakan bahwa dia AIDS, dan beberapa jam kemudian diumumkan ia meninggal dunia.
Pita merah diluncurkan sebagai simbol internasional kepedulian AIDS, dan pertama kali ditunjukkan di televisi di penghargaan teater New York Tony.Keputusan diambil untuk melaksanakan konferensi AIDS internasional 1992 di Amsterdam, Belanda, daripada di Boston, AS, karena kebijakan AS mewajibkan pengunjung jangka pendek untuk mengumumkan status infeksi HIVnya.

Obat antiretroviral ketiga, dideoxycytidine (ddC) disetujui FDA untuk dipakai oleh pasien yang tidak tahan terhadap AZT. Ketiga obat (AZT, ddI dan ddC) termasuk dalam satu kelompok yang disebut analog nukleosida.

Namun, menjelang saat ini menjadi jelas AZT dan obat lain ini terbatas dalam pengobatan AIDS, karena HIV mengembangkan resistansi terhadap obat ini, sehingga kemanjuran obat terhenti, rata-rata setelah satu tahun penggunaan.

Menjelang akhir 1991, 200.000 kasus AIDS dilaporkan di AS dan 133.000 orang telah meninggal dunia.

Sejarah 1992

Bintang tenis, Arthur Ashe, mengumumkan bahwa ia terinfeksi HIV sebagai akibat dari transfusi darah pada 1983.

FDA menyetujui penggunaan ddC dalam kombinasi dengan AZT untuk pasien dewasa dengan infeksi HIV lanjut yang terus menunjukkan tanda kemerosotan klinis atau kekebalan. Ini merupakan dari penggunaan terapi obat kombinasi pertama yang berhasil dalam pengobatan AIDS.

Tidak ada komentar: